Gempa Guncang Aceh Selatan, Jaringan Telekomunikasi Lumpuh Total

Banda Aceh | Harian Aceh–Gempa tektonik berkekuatan besar kembali mengguncang Aceh Selatan, Jumat (8/5) sekira pukul 20.19 WIB. Meski tidak ada laporan kerusakan, gempa kali ini melumpuhkan jaringan telekomunikasi di beberapa provinsi Barat-Selatan Aceh.

Getaran gempa dirasakan warga Tapaktuan dan sekitarnya. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), gempa berkekuatan 5.3 SR tersebut berada di 3,18 LU-97,55 BT dengan kedalaman gempa 17 kilometer di bawah permukaan laut.

Dari data tersebut, gempa kali ini tidak berpotensi tsunami. Sementara pusat gempa berada pada 42 kilometer tenggara Tapaktuan, 44 kilometer barat daya Kutacane, 76 kilometer tenggara Labuhan Haji, dan 90 kilometer barat daya Tanjung Langkat.

Kabag Humas Pemkab Aceh Selatan Syamsul Bahri mengatakan gempa yang terjadi Jumat malam itu, membuat masyarakat ke luar rumah dan terlihat panik. Menurutnya, gempa itu dirasakan sekira lima menit. Namun, belum dapat dipastikan jumlah kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut.

“Ini merupakan gempa yang sangat kuat dirasakan guncangannya. Meski setelah tsunami ada gempa-gempa kecil yang terjadi, tapi guncangannya tidak sekuat ini,” katanya.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada data jelas mengenai kerugian yang diakibatkan gempa tersebut. Sementara beberapa nomor warga yang berdomisili di Aceh Selatan dan sekitarnya tidak bisa dihubungi. Jaringan telepon lumpuh total.(boy/bai)

Sumber :http://www.harian-aceh.com/banda-raya/banda-aceh/2484-gempa-guncang-aceh-selatan

Tentang ippelmakuba09
Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kuala Batee Aceh Barat Daya

Tinggalkan komentar